Anda ingin membuat website, tetapi tidak tahu darimana memulainya? Silahkan simak penjelasan kami berikut ini.

Sebelum mulai membahas cara membuat website, anda harus memahami apa itu website dan jenis-jenisnya. (Silahkan baca topik tersebut disini). Jika sudah, maka mari kita lanjutkan. Setidaknya ada 4 cara membuat website:

Cara membuat website dari nol

Membuat website memerlukan keahlian yang cukup banyak. Jika anda benar-benar ingin membuat website dari nol maka anda harus belajar desain dan pemrograman website. Biasanya hal ini bisa dilakukan di lembaga pendidikan sarjana ilmu informatika, kursus-kursus pembuatan website, atau belajar secara otodidak / mandiri.

Desain web dimulai dari sketsa layout website diteruskan dengan desain di program pengolahan gambar seperti photoshop. Setelah gambar layout website selesai, gambar dipotong-potong (slicing) menjadi bagian-bagian website seperti header, background, icon dan gambar pendukung. Lalu disusun kembali menjadi 1 halaman website dengan kode HTML dan CSS. Sampai disini, kita sudah bisa membuat halaman website statis.

Agar website menjadi dinamis diperlukan pemrograman website. Pemrograman website meliputi program dan database. Database merupakan sarana untuk menyimpan data secara terstruktur, jadi kita bisa menyimpan, menambah dan mengambil data. Sedangkan program website diperlukan untuk mengolah data dan menjembatani antara database dan tampilan website. Program website paling umum bertugas untuk memproses data dari input website lalu menyimpannya ke database, juga sebaliknya, mengambil data dari database lalu menampilkannya di halaman web.

Pemrograman website memerlukan keahlihan khusus yang harus diasah melalui penguasaan teory dan praktek yang lama. Bahasa program yang digunakan untuk membuat website beranekaragam, namun yang paling populer adalah PHP. Sedangkan bahasa untuk menyimpan ke database website adalah MySQL. Agar program website bisa berjalan diperlukan web server dan database server seperti AppServ atau XAMPP yang terinstall di komputer.

Jadi untuk membuat website sendiri dari nol anda harus menguasai setidaknya Photoshop, HTML, CSS, PHP dan MySQL. Jika sudah menguasai cara membuat website dari nol ini, anda bisa membuat website sesuai dengan kemauan anda karena yang mendesain dan memrogram adalah anda sendiri.

Cara membuat website bisa diakses melalui internet, website harus mempunyai domain dan ditempatkan di server hosting. Domain dan hosting harus dibayar setiap tahun secara rutin.

Cara membuat website dengan menggunakan program gratisan

Jika dirasakan membuat website sendiri dari nol terlalu berat, anda bisa membuat website dengan menggunakan program gratisan yang ada di internet. Ada banyak program gratisan yang bisa digunakan seperti wordpress, jomla, opencart dll.

Lalu lakukan instalasi website gratis tersebut sesuai dengan petunjuk dari pembuatnya. Anda perlu menguasa sedikit ilmu mengenai PHP dan setting database agar tidak kesulitan melakukan instalasi tersebut.

Meski website gratis tidak berat dikantong, penggunakan program website gratis mempunyai beberapa kelemahan:

  1. Jika terjadi kesalahan, website tidak jalan, salah setting dan lainnya, anda harus berusaha menyelesaikannya sendiri
  2. Karena website gratisan bersifat open source jadi semua orang bisa melihat script programnya, maka faktor kemanan website gratisan menjadi rentan hacker. Seperti kasus perang cyber antara hacker indonesia dan bangladesh, banyak website yang menggunakan program gratisan yang menjadi korban

Cara membuat website dengan layanan gratis pihak ketiga

Saat ini banyak pihak ketiga yang menyediakan layanan website gratis. Contohnya blogger.com, wordpress.com, blogdetik.com dan banyak lainnya. Layanan yang ditawarkan oleh pihak ketiga biasanya berupa blog dengan nama subdomain. Membuat blog gratis memang sangat mudah dan murah sehingga cocok untuk media belajar dunia website.

Namun demikian membuat website gratis tentu ada kelemahannya:

  1. Karena layanannya gratis, maka harus ada aturan mainnya sehingga anda tidak bisa bebas membuat website sesuai dengan keinginan.
  2. Kelangsungan hidup website tergantung dari kebijakan pihak ketiga. Semisal pihak ketiga menutup layanan gratis tersebut, maka demikian juga nasib website anda.

 

Cara membuat website dengan menggunakan jasa web developer.

Membuat website sendiri mungkin lebih murah tetapi tentu bukanlah sebuah pekerjaan mudah untuk membuat website yang benar-benar sesuai keinginan dan memberikan keuntungan. Setiap orang mempunyai sumber daya yang terbatas terutama dalam hal waktu. Jika anda ingin fokus dengan bisnis dan ingin cepat mempunyai website, maka menggunakan jasa web developer adalah pilihan yang terbaik.

Saat menggunakan jasa pembuatan website, memang anda harus mengeluarkan uang tetapi akan terbayar dengan website yang baik dan layanan yang maksimal. Pilihlah jasa pembuat website yang baik seperti Naevaweb.com yang memberikan garansi error pada setiap paket produk website. Dengan pengalaman lebih dari 4 tahun di dunia website, Naevaweb berusaha memberikan website yang mampu memenuhi kebutuhan setiap kalangan.

Demikian pemaparan kami mengenai cara membuat website untuk pemula. Memang masih sangat global, namun akan kami jelaskan lebih lanjut pada posting-posting berikutnya.