Jika kita bicara tentang promosi website dan search engine, maka hal yang pertama kita dengar adalah kata Search Engine Optimization (SEO). SEO adalah sebuah proses secara berkala untuk membuat webiste berada dalam posisi yang terbaik di Serach Engine. Hal yang paling dasar ketika kita ingin belajar tentang SEO adalah Belajar menganalisa Kata Kunci.

Kata kunci merupakan kata yang digunakan oleh pengakses website untuk mencari sesuatu produk/jasa/informasi yang mereka butuhkan di mesin pencari. Sebagai contoh, anda mencari jaket murah, maka yang akan anda masukan di search adalah kata “jaket murah”. Kata jaket murah inilah yang dinamakan kata kunci.

Website yang bagus adalah website yang disana mempunyai kata kunci yang sesuai dengan tujuan website itu dibuat. Mengapa kata kunci itu diperlukan? karena kesalahan sedikit dalam memilih kata kunci maka ini akan berdampak sekali pada perjuangan kita dalam persaingan di mesin pencari, maka dari itu harus dipikirkan dan diperhatikan supaya semuanya tepat sasaran, dan kita harus bisa menyentuh dengan apa yang ada di pikiran rata-rata pelanggan. Untuk mencapai itu keyword analysi lah yang bisa kita andalkan untuk kita bisa menganalisa atau memahami kata apa yang digunakan pelanggan untuk mencari informasi di mesin pencari atau search engine.

Berikut ini beberapa cara mencari kata kunci yang baik :

Tool Keyword Planner di Google Adwords

Google Adwords dirancang khusus untuk pengguna Adwords sehingga mereka dapat menemukan alternative sekitar kata kunci yang disarankan oleh Google. Anda dapat menggunakan alat ini untuk mengoptimalkan blog dan website anda.

Berikut ini panduan untuk mencari kata kunci yang benar untuk website anda menggunakan Googlw Keyword Planner :

Masuk ke akun google adword Anda, bila anda belum memilikinya silahkan mendaftar terlebih dahulu.

Setelah masuk, pilih menu Alat dan Analisis > Perencana Kata Kunci akan keluar tampilan seperti ini:

Ada 4 pilihan, silahkan pilih Pilihan pertama "Search For new keyword and group ideas", maka akan muncul tampilah seperti ini:

Masukan kata kunci yang akan digunakan, misal Jual Jaket Kulit. Disana ada fitur “Penargetan” anda bisa memilih lokasi pencarian yang lebih spesifik. Kemudian tekkan tombol "Dapatkan Ide", untuk yang lainya biarkan sebagaimana mestinya, setelah Anda menekan tombol akan muncul tampilan seperti ini:

Kemudian kita pilih tab ide kata kunci, untuk melihat dan menganalisa kata kunci yang kita masukan, dapat dilihat pada gambar di atas, ada 6 nomer yang sudah ditandai dari no 1 sampai dengan no 6, perhatikan penjelasan kami berikut ini:

  1. Pada no 1, Anda bisa menentukan penargetan untuk kata kunci tersebut, pada gambar diatas penargetan ditentukan untuk semua lokasi/negara, Anda juga bisa mengatur sesuai dengan yang diinginkan.
  2. Pada no 2,Anda bisa masukan alternatif kata kunci yang lain untuk dicari. Misal Jaket kulit,dsb.
  3. Pada no 3. Anda dapat melihat tingkat penelusuran bulanan. Jadi google menghitung rata-rate perbulan orang mencari dengan kata kunci tersebut. Untuk mendapatkan kata kunci yang baik silahkan cari kata kunci yang memiliki penelusuran bulanannya cukup tinggi.
  4. Pada no 4, Anda dapat melihat nilai persaingan dari alternatif kata kunci yang muncul yang bisa kita analisa, silahkan cari untuk kata kunci yang nilai persaingannya rendah atau sedang, harus diingat jangan mencari nilai persaingan yang tinggi, karena akan memperkecil peluang berada pada urutan 10 besar mesin pencari.
  5. Pada no 5, dengan mengarahkan mouse diatas icon tersebut kita akan melihat grafik tingkat pencarian tiap bulan.
  6. Pada no 6, diberi tanda biru, bahwa kata kunci tersebut mempunyai kualitas yang cukup bagus untuk digunakan, yaitu untuk kata kunci Jaket Kulit Pria, karena memiliki tingkat pencarian yang tinggi dan tingkat pesaing yang rendah, Anda bisa mengunakan kata kunci ini untuk dikembangkan.

Copy dan paste kata kunci yang baik dan kembangkan kata kunci itu di website anda. Kata kunci tersebut bisa nada gunakan sebagai nama domain, judul berita, dan lainnya sebagainya.

Google Trends

Google trend merupakan alat yang disiptakan Google untuk mengetahui keyword yang sedang trend atau banyak dicari dalam jangka waktu tertentu. Anda mendapatkan kata kunci alternatif dari alat ini. Anda bisa melihat seberapa banyak atau nge tren kata kunci anda tersebut dalam rentang waktu tertentu di suatu wilayah tertentu. Alat ini sangat berguna sekali untuk menentukan nama domain dan keyword di setiap konten di website anda.

Berikut cara menggunakan Google Trends

Silakan kunjungi http://www.google.com/trends/explore

Perhatikan nomor 1-6

  1. Pada No 1, Anda bisa menentukan penargetan lokasi, waktu, kategori dan dimana search itu dilakukan, apakah di web search, image search, youtube search, dll untuk kata kunci tersebut, Anda juga bisa mengatur sesuai dengan yang diinginkan
  2. Pada no 2, Anda dapat memasukan kata kunci yang ingin anda inginkan. Anda bisa memasukan kata kunci lebih dari 1
  3. Pada no 3, Anda bisa melihat traffik atau berapa banyak kata kunci itu digunakan dalam kurun waktu yang anda pilih. Bila anda memasukan lebih dari 1 kata kunci, maka akan anda graffik perbandingan antar kata kunci.
  4. Pada no 4, Anda bisa melihat dari mana lokasi pencarian terbanyak dengan menggunakan kata kunci yang anda masukan.
  5. Pada no 5, Inilah hasil kata kunci yang relevan atau kata kunci turunan dari kata kunci yang anda gunakan. No 5 ini menunjukan kata kunci yang sering dipakai oleh pengunna google
  6. Pada no 6, Anda bisa melihat kata kunci yang relevan yang sedang naik atau trend. Kata kunci inilah yang sering digunakan bila anda mengejar suatu trends.
  7. Silakan amati hasil analisisnya. Dan copy paste kata kunci yang anda anggap baik untuk website anda.

Demikian penjelasan kami tentang Menganalisa Kata Kunci untuk Website dari kami semoga bermanfaat. Jika anda ingin bertanya atau berkonsultasi mengenai website anda silahkan kontak kami di info@naevaweb.com atau pin BB: 2ABC60BB (pada jam kerja :)