Pada pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan bagaimana mencari nama domain yang baik untuk SEO. Domain yang mengandung SEO akan membuat website nantinya menjadi lebih mudah untuk optimasi SEO.

Memilih nama domain website merupakan hal mendasar yang paling krusial bagi anda yang ingin membuat situs baik itu untuk keperluan pribadi maupun bisnis. Nama domain yang SEO Friendly dapat memudahkan anda menjaring trafik dari Search Engine. Oleh karena itu, nama domain yang SEO friendly dapat meningkatkan trafik blog anda.

Berikut ini akan kami sampaikan beberapa cara mencari domain yang baik untuk SEO :

Menganalisa Kata Kunci untuk memperoleh Domain yang baik untuk SEO

Untuk memperoleh kata kunci yang terbaik, salah satu cara adalah dengan menganalisa kata kunci tersebut. Kemudian dari kata kunci terbaik dari hasil analisa, kita mencoba gunakan untuk membuat nama domain. Dengan begitu, google akan mudah mengenali website kita nantinya karena nama domain sudah SEO Friendly. Silahkan baca artikel “Menganalisa Kata Kunci untuk SEO Website anda” untuk mendapatkan kata kunci yang terbaik dan SEO friendly.

Memenuhi Standard Domain yang Baik.

Apa yang dimaksud Standard domain yang baik? Domain yang baik adalah domain dengan berbagai pertimbangan mulai dari segi brand untuk usaha/perusahaan maupun dari segi SEO. Domain yang berstandard, akan lebih mudah dioptimasi daripada domain yang asal-asalan.

Berikut ini pertimbangan-pertimbangan untuk memillih domain yang baik

  1. Pendek, nama domain yang pendek selalu bagus untuk digunakan dan akan lebih mudah di optimisasi.

  2. Mudah diingat, carilah domain yang mudah diingat, Anda akan membangun brand lebih mudah dan cepat.

  3. TLD .com – jika bukan untuk membangun web untuk lembaga non profit, universitas atau pemerintah, selalu lebih baik menggunakan dot com.

  4. Mudah diketik – dengan nama yang mudah diketik Anda bisa memastikan calon pengunjung yang ingin berkunjung ke blog Anda, tersangkut ke blog lain.

  5. Hindari tanda hubung (-), nama yang panjang dan menggunakan angka.

  6. Menghindari kata yang pengucapannya hampir sama, seperi desainer dan designer.

Menggunakan Kata Kunci yang Dipilih sebagai Nama Domain

Setelah memperoleh kata kunci yang anda inginkan dan mengerti syarat-syarat domain yang baik, maka sekarang saatnya untuk mencoba menggunakan kata kunci tersebut sebagai nama domain. Yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Pilihlah beberapa kata kunci dengan pencarian terbaik
  2. Cobalah rangkai kata kunci tersebut menjadi nama domain.
    Misalnya kata kunci batik, pencarian tertinggi: baju batik, batik pekalongan, batik solo, batik indonesia, baju batik modern, gamis batik
    Kita bisa merangkainya menjadi nama domain seperti bajubatik.com, batikpekalongan.com dst
  3. Test nama domain, apakah masih tersedia atau tidak
    Bukalah website Who.is, lalu masukan nama domain di kolom pencarian lalu tekan Enter
    Di halaman hasil pencarian pada kotak Domain Buying Options, anda bisa melihat domain yang tersedia.
    Usahakan untuk memperoleh domain dengan akhiran .COM
  4. Jika nama domain tidak tersedia, silahkan cek untuk kata kunci yang lain. Ulangi terus hingga memperoleh nama domain yang terbaik.

Pilih Nama Brand atau SEO

Terkadang saat memilih nama domain kita dihadapkan pada pilihan apakah akan menggunakan nama domain atau mengejar SEO. Kami selalu menyarankan untuk memilihnya sesuai dengan tujuan pembuatan website.

Jika anda ingin lebih mengenalkan brand anda ke internet maka anda sebaiknya memilih nama domain berdasar nama brand/perusahaan anda. Konsekuensinya adalah perjuangan untuk memperoleh trafik dengan SEO lebih berat karena tidak ada kata kunci dalam nama domain. Sehingga, anda harus mencari cara promosi yang lain misalnya beriklan, promo melalui social media, promo offline dll.

Jika anda lebih mementingkan omset penjualan maka sebaiknya pilih domain berdasar SEO. Harapan memilih domain yang  SEO Friendly adalah memperoleh trafik dari search engine sebanyak-banyaknya (yang notabene gratis) sehingga mengurangi kebutuhan biaya promosi yang mahal. Semakin besar trafik, semakin tinggi omset yang diperoleh. Bersamaan dengan trafik/pengunjung yang semakin banyak, brand anda mulai dikenal orang. Cara ini sangat cocok untuk perusahaan kecil, umkm, atau perorangan yang pertama kali terjun di dunia internet.

Cara lain adalah anda mempunyai dua website satu untuk branding, sendangkan yang lain untuk penjualan lalu anda hubungkan kedua website tersebut.

Demikian penjelasan kami tentang mencari domain yang baik untuk SEO dari kami semoga bermanfaat. Jika anda ingin bertanya atau berkonsultasi mengenai website anda silahkan kontak kami di info@naevaweb.com atau pin BB: 2ABC60BB (pada jam kerja :)