Mesin pencari berperan untuk memudahkan pengguna internet mencari website yang sesuai dengan kata kunci (keyword) tertentu. Mesin pencari telah mengubah perilaku penguna internet dalam mencari informasi, produk dan jasa. Saat ini, pengguna internet semakin terbiasa melakukan pencarian sebelum memutuskan untuk membeli atau menggunakan produk dan jasa yang mereka butuhkan. Hal ini membuat prosentasi trafik dari mesin pencari ke website mempunyai porsi yang paling besar.

Ketergantungan pada mesin pencari ini membuat pemilik website berlomba-lomba untuk menempati posisi pertama atau minimal berada pada halaman pertama di hasil pencarian. Semakin baik posisi website pada mesin pencari, semakin besar kemungkinan website untuk di kunjungi, dan semakin tinggi kemungkinan untuk memperoleh pelanggan.

Apa saja faktor yang mempengaruhi posisi saya di mesin pencari? Kenapa website saya tidak muncul saat saya melakukan pencarian dengan keyword tertentu?  Kami akan menjawab pertanyaan di atas pada ulasan blog berikut ini.

Faktor yang mempengaruhi posisi di mesin pencari

Sebelum melangkah lebih jauh, kami akan menjelaskan cara kerja mesin pencari yang meliputi pengumpulan data (crowling), membuat index / urutan posisi website, dan menampilkan hasil pencarian.

Mesin pencari mempunyai sebuah program, disebut dengan spider yang berfungsi untuk mengumpulkan data dari halaman-halaman website yang ada diinternet. Karena jumlah halaman website yang begitu banyak (mungkin milyaran), tentu perlu waktu agar data tersebut bisa terkumpul di database mesin pencari.

Data yang terkumpul di database kemudian disusun dalam index yang berhubungan dengan kata kunci tertentu. Misalnya halaman website dengan isi baju batik akan diikutkan dengan kata kunci batik atau baju batik tentunya. Semakin lengkap data yang ada di halaman website, semakin bagus kualitasnya sehingga  memperoleh index / posisi yang lebih baik.

Saat seseorang melakukan pencarian, mesin pencari akan menampilkan data yang telah dikumpulkan dan diurutkan tadi di halaman hasil pencarian.

Nah dari penjelasan di atas, anda pasti sudah bisa sedikit membayangkan apa yang mempengaruhi posisi website di mesin pencari. Namun untuk jelasnya, mari kita jabarkan satu per satu.

  1. Usia website
    Program spider dari mesin pencari memerlukan waktu untuk mengumpulkan data, sehingga jika website anda masih baru, anda harus bersabar menunggu website anda selesai dikumpulkan datanya oleh program ini. Proses menunggu ini yang membuat website baru terkadang tidak muncul di hasil pencarian.
  2. Kualitas dan kuantitas Isi website
    Content is King. Seperti yang dijelaskan di atas bahwa mesin pencari akan mengurutkan website berdasarkan kualitas isi website tersebut, sehingga isi website adalah hal utama yang mempengaruhi posisi di mesin pencari. Buatlah isi website yang lengkap dan saling berhubungan seperti informasi produk yang lengkap, didukung dengan artikel-artikel yang berkaitan dengan cara penggunaan, perawatan produk tersebut dan artikel lain yang menarik.
  3. Pemilihan kata kunci
    Kata kunci harus menjadi dasar untuk mengembangkan isi website sehingga relevan dengan apa yang sering di cari oleh pengguna internet. Pilihlah kata kunci yang populer atau sedang trend, lalu kembangkan artikel atau produk dari kata kunci tersebut. Sebisa mungkin anda harus rajin untuk mengupdate website, agar setiap kata kunci populer ada di website anda.
    Jadi, jika website anda tidak muncul di hasil pencarian dengan kata kunci tertentu, maka silahkan di cek ada atau belum isi website yang mengandung kata kunci tersebut.
  4. Nama domain
    Nama domain ternyata juga mempengaruhi posisi di hasil pencarian. Nama domain yang mengandung kata kunci akan memperoleh posisi yang lebih baik. Berhati-hatilah memilih nama domain agar posisi di hasil pencarian optimal.
  5. Tingkat persaingan
    Seperti halnya bisnis, semakin tinggi tingkat persaingan, semakin sulit untuk menjadi yang terdepan. Sebagai contoh, lakukan pencarian di google untuk kata kunci baju murah dan baju muslim. Pada kata kunci baju murah, terdapat sekitar 50 juta hasil pencarian, dengan kata lain, anda harus mengalahkan 50 juta pesaing untuk memperoleh posisi pertama. Sedangkan pada baju muslim terdapat sekitar 2.8 juta hasil pencarian, sehingga tingkat persaingan baju murah lebih tinggi dari baju muslim.
     

Demikian ulasan faktor yang mempengaruhi posisi di mesin pencari, semoga dapat membantu mengoptimalkan website anda.