Mesin pencari semakin penting untuk menunjang bisnis online. Semakin baik posisi website pada mesin pencari, semakin besar kemungkinan website untuk di kunjungi, dan semakin tinggi kemungkinan untuk memperoleh pelanggan.

Memahami cara kerja mesin pencari menjadi penting agar anda bisa mengetahui apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan posisi website di hasil pencarian.

Setiap mesin pencari mempunyai serangkaian program yang disebut dengan algoritma. Meskipun algoritma kadang berbeda-beda, tetapi secara garis besar meliput beberapa hal berikut:

Web Crawling - Menjelajahi Internet

Mesin pencari akan meluncurkan sebuah program yang disebut dengan spider. Spider ini bertindak seperti kita sedang membuka halaman website lalu menyimpannya ke database. Selesai menyimpan, spider akan mencari link-link yang terhubung dengan halaman tersebut, menjelajahinya lalu menyimpannya juga. Proses yang di sebut dengan web crawling ini berjalan terus menerus, hingga semua halaman masuk ke database.

Web crowler berguna untuk menemukan halaman baru yang  ditambahkan ke website dan memeriksa apakah terjadi perubahan pada halaman yang pernah disimpan di database mesin pencari.

Spider bisa dikatakan seperti anak kecil yang baru belajar, jadi semakin mudah struktur website anda mudah dipahami, semakin baik kualitas data yang disimpan di mesin pencari. Hal ini yang mendasari trik-trik SEO on Page yaitu trik seo yang dilakukan dengan menata informasi sebaik mungkin sehingga mudah dipahami oleh mesin pencari.

SEO on Page dilakukan dengan menyusun kata kunci dalam hirarki kode-kode html seperti title, meta description, meta keyword, heading (h1, h2, h3), paragraph, list dan lain-lain. Jangan khawatir, seluruh program Naevaweb telah mengadopsi seo on page, anda tinggal mengisinya sebaik mungkin dengan data-data yang relevan.

Indexing - Membangun Index

Data yang telah disimpan di dalam database mesin pencari akan dianalisa berdasarkan persentase jumlah kata, penggunannya di title, meta, heading dll dengan menggunakan algoritma yang rumit agar diperoleh kualitas dari halaman website tersebut. Kemudian mesin pencari akan mengurutkan data tersebut berdasar kualitas dan relevan tidaknya dengan  kata kunci pencarian sehingga diperoleh rangking di halaman hasil pencarian.

Seteleh proses di atas selesai, website anda sudah masuk dalam database mesin pencari atau disebut dengan terindex. Banyak faktor yang mempengaruhi posisi website di hasil pencarian, jadi teruslah meningkatkan seo website untuk memperoleh hasil yang optimal.

Searching - Pencarian oleh Pengguna Mesin Pencari

Ketika kita memasukkan pencarian ke dalam search engine, search engine akan memeriksa database index dan memberikan daftar halaman web yang paling cocok menurut kata kunci yang kita masukan.

Demikian penjelasan mengenai cara kerja mesin pencari, semoga bisa membantu. Jangan lupa add pin BB kami 2ABC60BB untuk konsultasi :)